Khasiat Jeruk Keprok untuk Kesehatan

Khasiat Jeruk Keprok
Para ilmuan dari University of Western Ontario menjuluki jeruk keprok dengan label Super Food  sebab hasil penelitian klinis mereka menunjukkan bahwa jenis jeruk ini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Khasiat jeruk keprok ini memang cukup menggembirakan mengingat keberadaannya di Indonesia termasuk melimpah dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Jeruk keprok populer dijadikan jeruk meja, yakni jenis jeruk yang dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Hal ini bukan tanpa alasan, jeruk keprok memang cukup praktis sebab kulit buahnya yang tipis menjadikannya mudah untuk dikupas. Selain itu, rasa manisnya segar dan nikmat. Jeruk ini memang istimewa, lezat dan berkhasiat tentunya.

Secara umum, kandungan zat aktif yang terdapat di dalam sebiji jeruk keprok antara lain alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin, coumarin, saponin, minyak atsiri, vitamin C, vitamin A, B1, B2, asam folat, mineral Fe atau zat besi, fosfor, kalium atau potassium, kalsium, gula sederhana, nobiletin, dan masih banyak lagi lainnya. 


Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Dengan mengkonsumsi jeruk keprok secara rutin, Anda akan secara tidak langsung telah mendapatkan pengobatan alami. Kandungan gizi di dalam buah Jeruk Keprok diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit kangker, memerangi infeksi firal, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, mengusir rematik dan asam urat, menghalau penyakit jantung, mengobati demam, mencegah dan mengobati sariawan, menguatkan dan memberikan gizi pada paru-paru, memperbaiki limpa, membantu menghentikan batuk dan mengeluarkan dahak. Penelitian Larasati dari Universitas Gadjah Mada pada 2008 lalu membuktikan bahwa kulit jeruk keprok dapat mencegah pertumbuhan sel kangker. Sederet khasiat jeruk keprok ini tentu menambah keistimewaannya.

Selain baik bagi kesehatan, ternyata khasiat jeruk keprok bagi kecantikan juga nyata. Jeruk keprok merupakan antioksidan yang baik yang bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Jeruk keprok juga kaya akan nobiletin yang dikenal mampu menjaga kadar kolesterol dan menjadikan berat badan lebih ideal. Sebab nobiletin menjadikan tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan juga lemak. Konsumsi jeruk keprok sebagai pencuci mulut tentu merupakan pilihan yang tepat.

Resep Obat Herbal Dari Jeruk Keprok


Untuk mendapatkan khasiat jeruk keprok, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dan juga bisa dengan cara diolah terlebih dahulu. Konsumsi langsung jeruk keprok dinilai sangat baik karena memaksimalkan penyerapan tubuh terhadap nutrisi yang dikandungnya. Tetapi untuk beberapa jenis penyakit, langkah pengolahan sebelum dikonsumsi mutlak diperlukan. Misalnya saja untuk penyakit rematik dan asam urat. Jeruk keprok akan lebih maksimal jika diolah dalam bentuk jus. Langkah pembuatannya sederhana, pisahkan daging jeruk keprok dengan bijunya kemudian masukkan dalam Juicer. Setelah jadi, minumlah jus tersebut dua kali dalam sehari.