Fakta Seputar Kandungan Jeruk Keprok

Kandungan Jeruk Keprok
Siapa yang tak mengenal buah jeruk. Rasa manisnya yang berpadu khas dengan rasa asam memang menyajikan sensasi segar yang nikmat. Buah jeruk populer sebagai buah dengan konsumsi harian yang cukup tinggi. Ada banyak varian jeruk di dunia. Untuk Indonesia, salam satu jeruk meja yang populer disajikan sebagai buah pencuci mulut adalah jenis jeruk keprok. Jeruk ini memang memiliki rasa manis khas dan istimewanya, kulitnya tipis dan mudah dibuka sehingga memudahkan bagi mereka yang menyukai kepraktisan. Jeruk keprok sesungguhnya tak hanya nikmat tetapi juga memiliki manfaat besar bagi tubuh. Hal ini disebabkan kandungan jeruk keprok yang kompleks akan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Senyawa Penyusun Jeruk Keprok

Jeruk keprok memiliki rasa yang istimewa. Sehingga wajar jika banyak yang menggemarinya. Dalam sebiji buah jeruk keprok, kita akan menjumpai kandungan senyawa aktif antara lain alkoida, polifenol, minyak atsiri, vitamin C, berbagai mineral seperti Fe atau zat besi, kalsium, nobiletin dan juga gula.


Kandungan Vitamin C

Salah satu hal terbaik yang ada pada jeruk adalah vitamin C. Tetapi Anda harus memahami bahwa sesungguhnya kandungan jeruk keprok tidaklah sebanyak jenis jeruk lainnya. Sebab semakin tua jeruk akan semakin tertutupi kandungan vitamin C-nya. Karena rasa yang dominan adalah manis. Mengingat jeruk keprok dipanen saat telah ranum maka tentu kadar vitamin C-nya sedikit berkurang. Tetapi bukan berarti jeruk keprok tidak memiliki vitamin C sama sekali. Vitamin C dalam jeruk keprok juga memiliki manfaat yang sama dengan vitamin C jenis jeruk lainnya. Senyawa populer ini dikenal mampu menangkal radikal bebas, memperkuat daya tahan tubuh, mengusir influenza, melindungi kolagen dan masih banyak lagi lainnya. Karena itu, jangan ragu mengkonsumsi jeruk keprok.

Karbohidrat Polisakarida Nonpati

Karbohidrat yang ada dalam jeruk adalah karbohidrat sederhana yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Dengan meningkatnya umur buah jeruk keprok, maka rasa manisnya akan dominan. Hal ini menandakan bahwa kandungan gula jeruk meningkat. Gula sederhana dalam jeruk keprok sangat baik untuk kesehatan karena karbohidratnya merupakan polisakarida nonpati yang dikenal sebagai serat pangan. Serat ini bisa mengikat gizi sehingga memperlambat pengosongan lambung dan memperpanjang rasa kenyang. Karena itu, bagi mereka yang diet, bisa memasukkan jeruk keprok ke dalam buah konsumsi harian mereka.

Zat Nobiletin Jeruk Keprok

Salah satu zat penting yang ada dalam jeruk keprok lainnya adalah nobiletin. Zat ini terbukti mampu menghambat pengikatan lemak di dalam tubuh. Menurut para penelitian ahli, meski kita mengkonsumsi makanan berlemak, pengimbangan konsumsi jeruk keprok akan membuat berat badan terjaga. Sesungguhnya, zat nobiletin bisa dijumpai di jeruk lainnya tetapi kandungan jeruk keprok 10 kali lebih efektif dibandingkan varian lainnya. Karenanya, perbanyaklah mengkonsumsi jeruk manis dan segar ini!