Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil

Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil
Jeruk Bali atau yang biasa disebut Pamelo dalam bahasa inggris, merupakan varian jeruk dengan rasa yang nikmat. Pada nama jeruk ini menempel kata “Bali” padahal sama sekali tidak memiliki kaitan dengan Pulau Bali. Oleh karenanya, Kementrian Pertanian menyarankan agar namanya diganti dengan Pamelo. Jeruk bali banyak diminati sebab memiliki ukuran yang besar dan rasa yang sedikit berbeda dengan jeruk pada umumnya. Jeruk bali sering diolah menjadi penganan nikmat salah satunya adalah manisan jeruk bali. Selain ramah di lidah, ternyata jeruk dengan kulit tebal ini juga berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil juga nyata. Oleh sebab itu, banyak yang menganjurkan agar buah ini dikonsumsi mereka yang sedang berbadan dua.

Kandungan Jeruk Bali

Jeruk Bali memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil sebab memiliki kandungan senyawa yang kompleks.  Sama seperti jeruk lainnya, jeruk bali juga merupakan penghasil vitamin C yang baik. Dalam setiam 100 gram daging jeruk terdapat 350 mikrogram vitamin C. Zat lainnya adalah pectin. Kandungan pectin dalam jeruk bali termasuk yang paling tinggi ketimbang jenis jeruk lainnya. Senyawa lain yang ditemukan dalam jeruk bali adalah zat aktif pembersih darah, pigmen bioflavanoid, likopen, Vitamin A, B, B1 dan juga B2. Jeruk bali juga mengandung  asam folat, kalium dan juga kalsium.

Beragam Manfaat Jeruk Bali

Mencermati kandungannya yang beragam, tak heran jika kemudian jeruk bali dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin C di dalam jeruk bali berfungsi sebagai penguat antibody, mempertahankan kolagen yang sehat sehingga ampuh mengurangi potensi varises, memperbaiki jaringan kulit dan mencegah kangker. Vitamin C juga bisa mencegah dan mengobati penyakit ringan seperti influenza. Sementara itu kandungan Pektin dalam jeruk bali juga dikenal baik untuk menekan kolesterol jahat di dalam darah. Bioflavanoid juga merupakan unsur yang khas di dalam jeruk bali. Zat ini membantu mengobati varises, sebagai anti oksidan yang baik, memperkuat kolagen dan juga bersifat anti peradangan. Untuk membaca manfaat jeruk bali, Anda bisa membacanya secara lengkap disini.

Baik Untuk Ibu Hamil


Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil terletak pada kandungan asam folatnya. Seperti diketahui bahwa asam folat merupakan senyawa yang sangat mudah diserap oleh bayi melalui rahim. Asam folat merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk menciptakan sel-sel baru dalam tubuh dan sangat penting dalam tumbuh kembang bayi. Tubuh tidak menyimpan Asam folat yang cukup untuk kebutuhan bayi dalam rahim, oleh sebab itu sang ibu wajib mengkonsumsi suplemen atau makanan penghasil asam folat. Karena unsur kimia berbahaya, jadi sumber alami asam folat seperti jeruk bali tentu lebih aman.

Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil lainnya terletak pada kandungan bioflavanoid-nya. Senyawa ini diketahui mampu memperkuat jaringan ikat dan ampuh menjaga dinding pembuluh darah agar tetap kuat. Selain itu, bioflavanoid juga bisa mengurangi peradangan selama masa kehamilan. Mencermati berbagai khasiat ini, tak ada salahnya untuk memasukkan buah jeruk bali ke dalam daftar konsumsi buah harian Anda.