Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

manfaat jeruk nipis untuk rambut
Jeruk nipis yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia merupakan salah satu buah yang cukup populer terutama sebagai bumbu penyedap masakan dan bahan pembuat minuman. Jeruk nipis memiliki bentuk bulat seukuran dengan bola golf dan berwarna hijau tua sampai hijau kenuningan. Dibalik rasanya yang asam ternyata jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang jumlahnya sangat melimpah, sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diambil dari jeruk nipis, namun di artikel ini kami akan mencoba untuk  mengungkapkan sedikit manfaat jeruk nipis untuk rambut. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut Anda :


Mengatasi Rambut Berminyak

Umumnya pemilik rambut yang berminya sering mengeluhkan rambutnya cepat kotor. Untuk membersihkan kotoran tersebut Anda dapat mencucinya dengan air perasan jeruk nipis yang dilarutkan dalam air hangat. Usapkan ke seluruh permukaan rambut dengan menggunakan handuk. Jika dilakukan secara teratur, selain membuat rambut tidak cepat kotorjuga akan menjadikan rambut lebih halus dan lembut berkilau.

Mencegah Rambut Rontok

Salah satu nutrisi penting yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut adalah Vitamin C dan jeruk nipis memilik kandungan Vitamin C sangat tinggi. Cukup potong buah jeruk menjadi beberapa bagian kemudian oleskan ke rambut kemudian bungkus dengan handuk dan diamkan selama semalaman. Lakukan dalam rentang seminggu tiga kali niscaya rambut rontok Anda akan berkurang.

Mencegah Ketombe

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah mencegah ketombe. Perawatan untuk mencegah rambut berketombe yaitu dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis ke rambut kemudian diamkan selama 20-30 menit. Setelah kering kemudian keramas.

Rambut Lebih Berkilau

Cukup campurkan 1 sdm madu dengan satu buah jeruk nipis yang diperas airnya. Cara pakainya oleskan campuran tersebut ke rambut dengan menggunakan handuk setelah keramas. Setelah beberapa saat kemudian bilas dan keringkan.

Bagaimana, mudah bukan memanfaatkan jeruk nipis sebagai perawatan rambut sehari-hari? Tidak perlu ragu untuk menggunakan jeruk nipis untuk rambut Anda karena selain biayanya yang murah juga alami sehingga aman bagi kesehatan rambut Anda.